Magelang, Kota yang terletak di sisi barat gunung merbabu ini juga menjadi rumah dari industri karoseri di Indonesia, Salah satunya adalah New Armada, Karoseri yang sempat menarik antusiasme dikala meluncurkan varian terbarunya yaitu Evobus yang dilanjut dengan Evonext Series.. yang mana modelnya sendiri bisa dibilang “anti mainstream” dan memiliki finishing baik eksterior maupun interior dengan sangat rapi.

Sejarahnya pun cukup panjang, bermula dari usaha bengkel rumahan yang dimiliki oleh Orangtua dari Bapak David Herman Jaya, yang mana Pak David semenjak masih SMP sudah terbiasa membantu ayahnya. Bakat wirausahanyapun sudah terlihat sejak muda, yang mana sebelum menjalani bisnis karoseri, Pak David awalnya berbisnis menjual pakaian dan payung di Pasar Rejowinangun. Niat membuat karoseri inipun terbesit dikala Pak David yang ingin membuat sebuah mobil Pick Up Mitsubishi Colt T 120 SS menjadi sebuah minibus. Yang mana awalnya hanya niat untuk digunakan sendiri saja.. bukan untuk dijual.

Ternyata kreativitasnya ini menarik minat banyak orang, dengan tenaga awal yang bisa dibilang “ngga tanggung – tanggung” sejumlah 30 orang yang direkrut Pak David dari Madiun. Dan peminatnya pun berdatangan.. dari perusahaan travel. Niatan untuk membuat izin perusahaan itupun agak sulit ditempuh dikarenakan saat itu pada 1973, Pak David masih sangat muda.. Baru berusia 21 Tahun. Sehingga Pak David harus mengajak pamannya untuk mengurus izin mendirikan perusahaan.. dan disanalah awal kelahiran dari New Armada.

Setelah semakin banyaknya pesanan yang datang, Pak David merasa lahan disekitar rumah sudah tidak lagi cukup, akhirnya pada 1976 pindah ke lokasi baru yang merupakan lahan bekas pabrik bihun di Metroyudan, Magelang. Disanalah resmi berdiri PT. Mekar Armada Jaya yang dikenal dengan trademarknya : New Armada. Rejeki besar didapat New Armada pada pemilu 1982, yang mana saat itu Pak David terpilih sebagai koordinator pengadaan mobil pemilu bagi camat seluruh Indonesia. Orderpun dijalankan untuk ribuan unit Mitsubishi Colt T120 yang dicat orange. 1981 New Armada menjalankan bisnis sebagai Main Dealer dari Produk Mitsubishi dengan nama Perusahaan PT. Bumen Redja Abadi yang kini tersebar di Jawa dan Bali. Dan mendirikan Vulgo Armada Mobilindo yang merupakan dealer – dealer dari berbagai merk mobil seperti Daihatsu, Isuzu, Bmw, Peugeot dan Nissan Diesel.

Akhir 80-an kapasitas produksi New Armada sudah meningkat pesat, hingga pada 1990.. New Armada menambah luas pabrik menjadi 18 Hektar. Dengan tenaga kerja sebanyak 4000 orang.. dan banyak bekerja sama dengan ATPM mobil – mobil ternama di Indonesia. Namun itu juga tidak berlangsung mulus, terutama setelah ATPM mulai memproduksi body sendiri untuk varian mobil – mobil standarnya (seperti contoh suzuki carry, mitsubishi colt, toyota kijang, dll) dan perusahaan – perusahaan karoseri lokal hanya mengerjakan pesanan khusus saja seperti misalnya bus, angkutan kota, mobil ambulan, dll. Pada medio 1990-an juga Karoseri Alexander diakuisisi.. disamping itu New Armada mengembangkan sayap dengan membuka usaha di bidang lain seperti mendirikan Bank Pengkreditan Rakyat di beberapa kota di Jawa Tengah.

Investasipun ditingkatkan New Armada dengan mendatangkan mesin – mesin guna menunjang produksi dan meningkatkan mutu kualitas produk dari New Armada. Akhirnya ATPM pun banyak yang mengorder komponen – komponen mobil seperti panel – panel, kap mesin, pelapis dll. Dan pada 2003 New Armada menambah lokasi baru di Tambun , Bekasi.. Tidak jauh dari Perakitan Suzuki. yang mana memang dikhususkan untuk menjadi supplier dari komponen – komponen mobil bagi ATPM.

Varian body bus yang dimiliki New Armada beragam, diantaranya adalah Evobus, Evonext Series, Cruiser, Aristovo, Grand Cruiser, Superbus, Yutong dan beberapa custom sesuai pesanan. sementara untuk armada medium busnya sendiri ada Magneto, touristo, dll.. agak sulit untuk mengidentifikasi tipe – tipe terdahulu disebabkan new armada sepertinya tidak memberikan nama pada produknya yang terdahulu, dan minimnya informasi yang bisa digali seputar penamaan produk – produknya sesuai timeline.

 

Sumber : http://imotorium.com/2016/02/05/sejarah-karoseri-ternama-di-indonesia-karoseri-new-armada/

169 Views
 
×

Hallo!

Mau sewa bus pariwisata bagus ? Disini tempatnya.

× Ada pertanyaan WhatsApp aja.